Tempat Wisata di Polewali Mandar

FROFIL KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN POLEWALI MANDAR
 
       
        Kabupaten Polewali Mandar, sebagai salah satu kabupaten yang secara administratif masuk de dalam Provinsi Sulawesi Barat sejak tahun 2004 setelah dimekarkan dari Sulawesi  Selatan. Secara geografis Kabupaten Polewali Mandar dengan ibu kota Polewali terletak antara 20 derajat 40 derajat 00 derajat 30 derajat 32 derajat 00 derajat Lintang Selatan dan 118 derajat  40 derajat 27 derajat 119 derajat  32 derajat  27 derajat  Bujur Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Mamasa di sebelah Utara. Dan Kabuapten Pinrang Sulawesi Selatan di sebelah Timur. Batas sebelah selatan dan barat masing-masing Selat Makassar dan Kabupaten Majene. Luas wilayah 2.02230  Km dan dihuni sekitar 367.761 jiwa membuat kabupaten yang berjuluk Tipalayo ini sarat dengan setumpuk kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang mampu sebagai penyokong kehidupan sosial kebudayaan masyarakatnya.

        Dengan hamparan sawah dan lautan nan luas menjadi bukti nyata kekayaan alam yang tiada tandingannya dibandingkan daerah lain di Sulawesi Barat. Dan diantara potensi-potensi yang berupa kekayaan tersebut adalah, kekayaan alam maritim dan kekayaan alam pedalaman lengkap dengan kekhasan kehidupan sosial kebudayaan masyarakat yang berdiam di pesisiran dan di pedalaman. Membuat Kabupaten Polewali Mandar sebagai kabupaten agraris dan maritim sangat layak diperhitungkan untuk dimasukkan dalam agenda kunjungan kepariwisataan bagi setiap wisatawan.
Selain kekayaan wisata agraris atau pedalaman dan maritim tersebut, Kabupaten Polewali Mandar juga kaya dengan kekuatan potensi wisata ritual, wisata agro, wisata sosial, arkeologi, dan wisata kuliner yang memiliki ciri dan kekhasan tersendiri. Belum lagi poladan desain arsitektur serta beragam kesenian tradisional khas Kabupaten Poklewali Mandar. Kesemuanya itu dapat diamati dalam beberapa agenda event seni budaya di tanah Tipalayo ini.


        Berkunjung ke Polewali Mandar adalah berkunjung ke sebuah daerah dengan beragam tawaran keindahan eksotik dan yang khas dari kebudayaan peninggalan  sejarah peradaban tanah Mandar, hingga kini masih sangat mudah untuk ditemukan. Sekaligus masih membutuhkan sentuhan tangan para investor yang siap untuk mengeksplorasi kekayaan khasanah kebudayaan dan keindahan alam Kabupaten Polewali Mandar ini, sebagai satu-satunya kabupaten yang terdepan dalam kebudayaan dan kepariwisataan dengan jumlah kunjungan yang tinggi ketimbang kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Barat ini.


        Dan dengan senyum ramah segenap warga masyarakat Polewali Mandar siap setiap saat menyapa dan berjabat erat mesra serta melayani pendatang di Kabupaten Polewali Mandar.


OBYEK WISATA YANG ADA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR


  1.    Pantai Bahari Polewali
  2.    Pantai Mampie
  3.    Pantai Palippis
  4.    Pulau Battoa
  5.    Pulau Panampeang
  6.    Pulau Gusung Toraja
  7.    Pulau Karamasang
  8.    Pulau Dea-dea (Pulau Kucing)
  9.    Pulau Salama’
10.    Permandian Alam Limbong Sitodo
11.    Air terjun Indo Rannuang
12.    Air Terjun Limbong Kamandang
13.    Rawa Bangun

        Itulah info tentang obyek wisata yang ada di Kabupaten Polewali Mandar, silahkan kunjungi dan nikmati pemandangan alamnya yang asri.
Selamat berwisata bersama keluarga.



Like This Article ?
Comments
0 Comments

0 komentar

 
 
Copyright © 2013 MANDAR LUYO - All Rights Reserved
Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User :
Free Backlinks